Kuliner Khas Betawi yang Terkenal dan Paling Difavoritkan Para Traveler

Kuliner Khas Betawi yang Terkenal dan Paling Difavoritkan Para Traveler

Traveling ke Betawi jangan lupa untuk mencicipi makanan kekhasannya. Dari sekian banyaknya suku – suku yang ada di Indonesia, ternyata Betawi memiliki banyak sekali kuliner yang enak dan lezat, pas banget buat Anda para pemburu kuliner.

Apabila Anda sering sekali menonton sinetron di televisi, maka Anda pastinya sering melihat masyarakat Betawi yang selalu identik dengan semur jengkol yang memang menjadi salah satu jenis lauk pauk khas Betawi. Tapi ternyata masih ada banyak sekali makanan khas Betawi yang tidak kalah nikmatnya untuk Anda cicipi. Apa saja? Berikut adalah beberapa tempat wisata kuliner khas Betawi yang terkenal dan paling difavoritkan para traveler.

Kuliner Khas Betawi yang Terkenal dan Paling Difavoritkan Para Traveler

Ketoprak

Ketoprak

Makanan yang sudah sangat familiar ini ternyata berasal dari kota Betawi, yang kini sudah cukup dikenal oleh banyak orang. Bahkan Anda bisa mendapatkan makanan khas tersebut di mana pun. Namun demikian, ketoprak khas Betawi pastinya memiliki rasa yang unik dan berbeda dengan ketoprak pada umumnya. Rasanya yang menggugah, dijamin bikin nagih, apalagi kalau ditemani dengan minuman khas Betawi, seperti es teler atau es doger.

Roti Buaya

Roti Buaya

Bisa dibilang, ini merupakan kuliner khas Betawi yang ikonik banget. Roti buaya adalah jenis hidangan khas Betawi yang dulu hanya bisa ditemukan di acara – acara pernikahan atau pun upacara adat Betawi lainya. Sebab, keunikan dan ikoniknya hingga akhirnya menjadikan roti tersebut jadi pilihan favorit bagi para traveler untuk dijadikan sebagai buah tangan buat sanak saudara di rumah pada saat berkunjung ke Betawi.

Roti Gambang

Roti Gambang

Lalu untuk jenis roti yang berikut ini tidak hanya unik, tetapi juga memiliki citra rasa yang khas banget. bentuk penyajian roti gambang khas Betawi tersebut mirip dengan kue bolu pada umumnya, tetapi yang menjadi pembedanya di sini adalah gula yang digunakan. Roti gambang biasanya menggunakan gula aren sehingga membuat warnanya jadi coklat.

Kue Pancong

Kue Pancong

Berbeda dengan roti gambang, kue satu ini ternyata cukup sulit ditemukan di pasaran. Kue pancong merupakan salah satu jenis jajanan pasar tradisional khas Betawi yang dibuat dari bahan dasar tepung kanji yang diberi campuran kelapa parut. Tidak jauh berbeda dengan kue ranggi, tetapi kue pancong tersebut menggunakan topping gula pasir bukannya gula aren.

Kerak Telor

Kerak Telor

Kuliner khas Betawi yang terkenal berikutnya ada kerak telor. Makanan khas Betawi tersebut memang sudah cukup lama mendunia apabila Anda lihat diinternet. Bahkans udah ada ulasan versi bahasa Inggris mengenai kerat telor di Wikipedia. Dibuat dari nasi atau beras ketan yang diberi campuran telur ayam atau telur bebek, kemudian ditambahkan dengan aneka bumbu yang lainnya.

Soto Betawi

Soto Betawi

Sama seperti daerah lain di Indonesia yang memiliki soto kekhasannya, Betawi ternyata juga memiliki soto khas yang memilikir citra rasa berbeda dengan soto lain. Elemen yang menjadi ciri khas dari soto Betawi tersebut adalah citra rasa kuahnya sebab diberi tambahan santan dan susu sehingga membuatnya terasa sangat gurih.

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli

Lalu untuk yang terakhir ada nasi kebuli yang tidak kalah terkenalnya di Betawi. Seperti namanya, makanan satu ini dibuat dari bahan dasar nasi yang ditanak bersama kaldu kambing atau susu kambing. Bisa pula diganti dengan santan kental. Ditambahkan dengan campuran aneka bahan rempah – rempah, seperti bawang putih, bawang merah, jinten, lada hitam, ketumbar, dan bumbu – bumbu yang lain, sehingga menciptakan rasa yang sangat kuat.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang kuliner khas Betawi yang terkenal dan paling difavoritkan para traveler. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !