Gunung Terindah di Indonesia Cocok Buat Pendaki Pemula

Gunung Terindah di Indonesia Cocok Buat Pendaki Pemula

Mendaki gunung pada dasarnya bukan hanya sekadar kegiatan untuk memanjakan mata dengan indahnya pesona alam yang ditawarkan, tetapi kegiatan pendakian tersebut juga dipercaya mampu membentuk fisik dan mental menjadi lebih kuat lagi dalam menjalani hidup. Kabar baiknya, saat ini kegiatan mendaki gunung sudah menjadi salah satu aktifitas yang digandrungi oleh kalangan anak muda. Bahkan kegiatan pendakian tersebut berubah menjadi gaya hidup bagi kawula muda.

Buat para expert, kegiatan pendakian ke gunung dengan medan yang terjal tentunya bukan jadi masalah lagi. Tapi bagaimana dengan yang belum berpengalaman sama sekali? Apabila Anda memang berniat untuk pendaki, lebih baik pilih gunung dengan ketinggian dibawah 3.000 mdpl. Berikut ini ada beberapa rekomendasi gunung terindah di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula. Simak dulu ulasannya di sini!

Gunung Terindah di Indonesia Cocok Buat Pendaki Pemula

Gunung Nglanggeran di Yogyakarta

Gunung Nglanggeran di Yogyakarta

Rekomendasi pertama gunung terindah di Indonesia yang cocok buat pendaki pemula adalah gunung nglanggeran yang ada di Yogyakarta. Gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl. Berada di kawasan Gunung Kidul, ketinggian gunung ini memang cukup rendah bagi pemula. Bahkan untuk bisa mencapai puncaknya Anda hanya butuh waktu kurang dari 1 jam. Selain itu medan pendakiannya pun sangat landai.

Gunung Besek di Wonogiri

Gunung Besek di Wonogiri

Pilihan lain gunung di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula adalah gunung besek yang ada di Wonogiri. Meskipun belum banyak diketahui wisatawan, tetapi gunung yang ada di perbatasan Wonogiri dengan Pacitan tersebut pas banget dijadikan sebagai lokasi yang tepat untuk menuju puncaknya tanpa perlu melakukan trekking yang sulit. Menariknya, Anda bahkan tidak perlu trekking selama berjam – jam sebab tersedia lahan parkir sejauh 15 menit dari puncak gunung besek yang hanya memiliki ketinggian sekitar 850 mdpl.

Puncak Gadjah di Purbalingga

Puncak Gadjah di Purbalingga

Sebenarnya ini adalah salah satu bagian dari gunung pulosari yang bisa ditemukan di Purbalingga. Puncak gadjah tersebut pas banget jadi lokasi untuk mendaki gunung untuk pertama kalinya. Ketinggiannya hanya 1.440 mdpl, untuk mencapai puncaknya Anda hanya butuh waktu sekitar 30 menit, tentu saja yang demikian bergantung pada keahlian yang Anda miliki dalam mendaki. Dari puncak gadjah inilah Anda bisa menikmati panorama golden sunrise dengan berlatar belakang gunung sindoro.

Gunung Andong di Magelang

Gunung Andong di Magelang

Berikutnya ada gunung andong yang memiliki tinggi sekitar 1.463 mdpl. Ini merupakan salah satu gunung terbaik di Indonesia yang recommended bagi pemula sebab gunung andong memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu terjal. Bahkan untuk mencapai puncaknya Anda hanya butuh waktu setidaknya sekitar 2 jam. Hal unik dari gunung tersebut adalah bentuk puncaknya yang mirip punuk unta.

Gunung Penanggungan di Mojokerto

Gunung Penanggungan di Mojokerto

Buat Anda yang belum memiliki banyak pengalaman dalam pendakian, maka gunung penanggungan yang ada di Mojokerto juga menarik sekali untuk dicoba. Gunung penanggungan bisa dibilang sebagai miniaturnya gunung semeru, sebab puncak gunungnya berupa dataran yang tandus. Bagi pemula sangat disarankan sekali untuk memilih jalur pendakian Tamiajeng di Trawas Mojokerto.

Gunung Batur di Bali

Gunung Batur di Bali

Jika dibandingkan dengan pegunungan terindah di Indonesia yang sudah kami sebutkan sebelumnya, gunung batur di Bali ini memiliki ketinggian 1.717 mdpl. Meskipun terbilang cukup tinggi, tetapi gunung batur tergolong masih sangat ramah bagi pendaki pemula. Namun demikian, apabila Anda tertarik untuk mendaki di gunung batur sangat disarankan sekali agar Anda terlebih dulu mempersiapkan fisik yang prima. Setidaknya Anda butuh waktu sekitar 2 jam atau bahkan lebih untuk bisa sampai ke puncak gunung batur.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi gunung terindah di Indonesia cocok buat pendaki pemula. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !