Daftar Oleh Oleh Khas Solo yang Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang

Daftar Oleh Oleh Khas Solo yang Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang

Tidak hanya kental dengan budaya Jawa-nya, Solo juga memiliki beragam destinasi wisata yang patut Anda eksplor. Salah satunya adalah wisata kuliner di Solo dan beberapa pusat perbelanjaan yang tentu saja bisa Anda kunjungi untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh khas Solo untuk sanak saudara di rumah. Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami informasikan kepada Anda tentang daftar oleh oleh khas Solo yang terkenal dan tentu saja wajib banget Anda bawa pulang. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Daftar Oleh Oleh Khas Solo yang Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang

Serbat Jahe

Serbat Jahe

Oleh oleh khas Solo pertama yang terkenal dan wajib dibawa pulang adalah serbat jahe. Serbat jahe pada dasarnya merupakan minuman tradisional yang dibuat dari bahan dasar jahe dan diberi tambahan beberapa rempah – rempah. Minuman tersebut dibuat dalam bentuk tablet besar, Anda hanya perlu memasukkan tablet ke dalam gelas kemudian menuangkan air panas. Agar rasanya semakin nikmat, Anda bisa menambahkan gula merah apabila Anda ingin lebih manis.

Balung Kethek

Balung Kethek

Balung kethek atau yang juga disebut dengan tulang monyet ini juga wajib banget Anda beli untuk dijadikan sebagai oleh – oleh buat sanak saudara di rumah. Meskipun disebut sebagai tulang monyet, tetapi pada kenyataannya makanan khas Solo satu ini tidak dibuat dari tulang binatang, tetapi dari bahan dasar singkong. Balung kethek adalah keripik singkong balado yang memiliki rasa gurih dan renyah. Ada beragam varian yang bisa dipilih, mulai dari rasa jagung manis, ayam akar, balado, keju, pedas, gurih, dan manis.

Surabi Notosuman

Surabi Notosuman

Surabi notosuman satu ini merupakan salah satu kuliner khas Solo yang memiliki rasa begitu lezat. Dibuat dari bahan dasar tepung teras dan kemudian diberi campuran santan kental sehingga menghasilkan rasa yang gurih. Adonan tersebut lalu dituang ke dalam cetakan dan dibakar dengan menggunakan tungku dan arang. Untuk membeli surabi notosuman khas Solo ini Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 2.000,00 per surabi.

Inthip

Inthip

Ini adalah camilan khas Solo yang dibuat dari karak nasi yang dijemur sampai kering, lalu digoreng dengan minyak panas. Pada saat proses penggorengan, karak nasi tersebut terlebih dulu dicetak dengan mangkuk berukuran besar, kemudian disiram dengan gula jawa cair. Inthip dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 10.000,00 – 50.000,00, semua tergantung dari ukuran inthip yang akan Anda beli. Lalu untuk rasanya sendiri, inthip disajikan sangat gurih dan renyah, pas banget dikonsumsi bersama nasi putih hangat.

Ampyang

Ampyang

Buat Anda nih yang suka banget dengan kacang – kacangan rasa manis, ampyang sepertinya tidak boleh sampai lupa untuk Anda beli saat liburan ke kota Solo. Ampyang adalah sejenis camilan yang dibuat dari kacang tanah yang sudah disangrai, kemudian dicampur dengan gula aren dan air jahe. Harga ampyang pun sangat bervariasi, mulai dari Rp 4.000,00 – 50.000,00.

Kue Solo Pluffy

Kue Solo Pluffy

Tidak hanya di kota Bandung saja, tetapi Anda juga bisa mendapatkan kue satu ini di kota Solo. Kue solo pluffy tersebut pada dasarnya milik Jessica Mila yang menawarkan kue bertekstur lembut dan berbentuk bundar atau bulat. Adapun citra rasa yang ditawarkan mulai dari rasa original, strawberry, green tea, cheese, dan cornflake. Lalu untuk harganya sendiri berkisar antara Rp 48.000,00 – 58.000,00.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang daftar oleh oleh khas Solo yang terkenal dan wajib dibawa pulang. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !